Juni 01, 2010

Kebun Raya Bogor

Kawasan dengan luas 87 hektar ini telah didirikan sejak tahun 1817 atas prakarsa dari Sir Stamford Raffles, seorang kebangsaan Inggris yang menjabat sebagai gubernur Jawa. Pohon-pohon di kawasan ini sudah berumur ratusan tahun. Jadi tidak mengherankan bila pohon-pohon disini memiliki batang yang besar dan tingginya mencapai puluhan meter. Pada masing-masing pohon, ditempelkan label yang berisi nama pohon dan kapan pohon tersebut mulai ditanam. Maka, selain berwisata, kita dapat juga mengenal pohon-pohon yang mungkin tidak kita ketahui sebelumnya.

Banyaknya pohon di Kebun Raya ini membuat udara sejuk dan kaya akan oksigen. Ada lebih dari 17.000 species termasuk jenis bunga anggrek yang langka. Pohon-pohon yang ada disini tidak hanya bersal dari dalam negeri tetapi banyak pula yang berasal dari luar negeri. Yang selalu menarik untuk disaksikan adalah saat berkembangnya bunga bangkai (Rafflesia Arnoldi). Bunga ini memang unik karena ukuran yang besar dan bila berbunga akan mengeluarkan bau busuk sehingga diberi nama bunga bangkai.



Disini kita dapat memandang kawasan hijau yang menenangkan yang jarang kita temui di kota-kota besar. Suara burung yang bernyanyi dapat pula kita dengarkan. Untuk menambah kecantikannya, terdapat pula kolam-kolam dengan pancuran air, sehingga kita dapat mendengar suara gemericik air. Bagi Anda yang membawa anak-anak, tempat ini sangat cocok karena ada banyak taman-taman yang luas sehingga putra putri Anda dapat leluasa bermain. Misalnya taman dekat kolam teratai yang merupakan tempat favorit bagi para keluarga untuk bermain dengan anak mereka. Ada pula jalan yang menyerupai koridor panjang dengan pohon-pohon besar di sisi kiri dan kanan. Kursi-kursi yang ada di antara pohon tersebut menjadi tempat yang nyaman setelah berjalan mengelilingi kawasan ini. sumber : http://kumpulan.info

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

footer