Juni 20, 2010

Vitamin B Cegah Kanker Paru



Shutter Stock
Salmon membantu meningkatkan kemampuan tubuh untuk sehat dengan kandungan Omega-3nya.
 
Vitamin B selama ini lebih terkenal karena manfaatnya untuk menjaga kesehatan otak. Namun studi teranyar menunjukkan vitamin B juga menurunkan risiko kanker paru, bahkan pada perokok.

Penelitian terhadap 400.000 orang menunjukkan, kadar vitamin B6 dan asam amino methionin yang cukup dalam tubuh akan mengurangi risiko kanker paru hingga setengahnya. Kendati demikian, para ahli menegaskan bahwa berhenti merokok jauh lebih efektif untuk mencegah kanker paru.

"Menambah asupan vitamin B tidak akan pernah sama efeknya dengan jika kita berhenti merokok," kata Dr.Panagiota Mitrou dari World Cancer Research Fund, salah satu peneliti.

Penelitian yang sifatnya masih awal ini tentu membutuhkan riset lanjutan untuk membuktikan apakah vitamin yang banyak terdapat dalam kacang-kacangan, ikan, atau daging ini memang efektif mencegah kanker paru.

Kendati begitu, para mantan perokok atau orang yang tidak pernah merokok tetap bisa melakukan hal yang positif, seperti mencukupi kebutuhan vitamin B, untuk mengurangi risiko kanker paru.
sumber : http://kesehatan.kompas.com/read/2010/06/18/07215433/Vitamin.B.Cegah.Kanker.Paru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

footer