Juni 29, 2010

Berkat Dunga, Robinho Cetak Gol Perdana

JOHANNESBURG,  Robinho akhirnya berhasil membukukan gol pertamanya di Piala Dunia. Itu semua berkat saran Pelatih Carlos Dunga yang memintanya bermain bebas.

Robinho mencetak gol tersebut pada duel lawan Cile, Senin (28/6/2010), dengan memanfaatkan assist dari Ramires pada menit ke-59. Sebelumnya, Robinho menjadi motor serangan sebelum Kaka memberikan assist untuk gol Luis Fabiano pada menit ke-38. "Aku sangat senang dengan kedua gol dan kemenangan itu. Jika aku mampu mencetak gol, maka itu baik, tapi aku fokus pada tim," kata pemain yang dipinjamkan ke Santos itu.

Selama empat pertandingan di Afrika Selatan, Robinho selalu memberikan andil besar kepada timnas. Dunga pun mengakui bahwa kehadiran merupakan tambahan besar bagi timnya meski musim lalu Robinho tak bermain reguler di Manchester City.

"Saya bilang kepada pemain untuk bermain bebas, saya berusaha memberi mereka saran dan mengarahkan mereka, jadi ketika kami tahu lapangan tengah begitu rapat, kami menyerang dari sayap," ungkap Dunga.

"Kami beruntung punya pemain yang dapat berubah cepat, jika Cile menumpuk di tengah, Kaka lebih banyak ke sayap seperti Robinho," kata mantan kapten Brasil itu.

Sejak Kaka mengalami cedera, kemampuannya belum betul-betul maksimal. Di sinilah tenaga dan kecerdikan Robinho diperlukan. Dalam banyak situasi, pemain Manchester City itu sering membuat pemain lawan kelabakan dengan kegesitan kaki maupun pergerakannya. Gelar man of the match pun layak diberikan kepada mantan pemain Real Madrid tersebut. (AP / http://worldcup.kompas.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

footer