Juni 06, 2010

Kapal Bantuan untuk Gaza Tiba di Israel

Foto: AP
Kapal bantuan 'Rachel Corrie' tampak mendekati pelabuhan Ashdod, di Israel selatan Sabtu, 5 Juni 2010.


Sebuah kapal barang yang dicegat militer Israel ketika sedang berlayar menuju Jalur Gaza sudah tiba di pelabuhan Ashdod, di Israel.
Kapal bantuan Rachel Corrie akan diperiksa oleh pihak berwenang Israel. Tentara Israel naik ke kapal itu hari Sabtu pagi ini setelah penumpang kapal bantuan itu tak menghiraukan peringatan berulang-ulang agar mereka mengalihkan tujuan.
Militer Israel mengatakan, para aktivis pro-Palestina yang berada di kapal milik Irlandia Rachel Corrie tidak mengadakan perlawanan ketika tentara mencegat kapal itu Sabtu.
Ke-19 aktivis pro-Palestina dan awak kapal berupaya menyerahkan 20 ton bantuan dan menerobos blokade Israel yang sudah berlangsung tiga tahun terhadap wilayah Jalur Gaza yang dikuasai kelompok militan Hamas. Selain para aktivis pro Palestina, dalam kapal itu juga terdapat seorang pemenang hadiah Nobel Perdamaian asal Irlandia utara, Mairead Maguire.
Ini merupakan upaya kedua dalam satu minggu oleh Free Gaza Movement untuk memberi bantuan bagi warga Gaza. Hari Senin, delapan warga Turki dan satu warga Amerika keturunan Turki tewas ditembak tentara Israel yang naik ke kapal.
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah menginstruksikan pasukan Israel agar jangan mencederai para aktivis. Dia juga telah mengatakan kapal itu tidak akan diizinkan sampai ke Gaza.
Israel mengatakan akan mengizinkan bantuan itu dikirim ke Gaza, tetapi hanya setelah diperiksa oleh pejabat PBB dan Irlandia. sumber : http://www1.voanews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

footer