Juli 16, 2010

Menggemparkan, Poster Mickey Mouse dan Perempuan Telanjang Berlogo Nazi

 (Warsawa): Sebuah poster seni memadukan gambar kepala salah satu tokoh kartun Disney, Mickey Mouse bertubuh wanita telanjang dengan logo swastika Nazi Jerman menghebohkan publik di Warsawa, Polandia, Rabu (14/7/2010).

"Provokasi seni ini adalah bentuk kekerasan terhadap sensitivitas publik," kata Norbert Napieraj, anggota Dewan Kota setempat. Norbert juga meminta jaksa untuk melarang pemasangan poster itu yang mengingatkan kekejaman Nazi saat menginvasi Polandia 1939 silam. Namun, jaksa menganggap poster tersebut adalah murni karya seni dan tidak melanggar hukum.

Sementara, direktur galeri Maria Czarnecka mengatakan: "Seni harus provokatif dan kontroversial." Bahkan, Czarnecka berkeras membela bahwa poster tersebut bukan hendak menyebarkan paham Nazisme, melainkan ingin mengeksplorasi "simbol dan bagaimana manusia saat ini bekerja. "Gambar kepala Mickey Mouse dan swastika berada pada tingkat yang sama dan tidak bermakna apa-apa kecuali bagian dari dunia global," ucap Czarnecka.

Walaupun poster tersebut telah dirusak dua kali oleh orang yang tidak bertanggung jawab, Czarnecka tetap berencana memasang poster menghebohkan itu di pusat ibu kota Polandia itu.
sumber : http://www.berita2.com/internasional/eropa/6211-menggemparkan-poster-mickey-mouse-dan-perempuan-telanjang-berlogo-nazi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

footer