Juni 15, 2010

Gol telat buyarkan kemenangan Slovakia

Selandia Baru vs Slovakia
Winston Reid gagalkan kemenangan Slovakia lewat gol telatnya (Reuters)


Slovakia gagal mememenangi partai pertamanya sepanjang sejarah Piala Dunia setelah dipaksa bermain 1-1 oleh Selandia Baru lewat gol telat Winston Reid dalam laga Grup F pada hari Selasa (15/6). Slovakia sebenarnya berada di ambang kemenangan untuk merayakan kehadiran pertama kalinya di turnamen sepakbola empat tahunan sebagai negara independen setelah menjuarai Grup 3 kualifikasi Eropa. Namun Skuad Vladimir Weiss harus puas dengan satu poin setelah kebobolan sesaat sebelum laga berakhir.
Dimotori oleh para bintang seperti kapten Marek Hamsik, Stanislav Sestak dan Robert Vittek, Slovakia mendominasi permainan di Stadion Royal Bafokeng, Rustenberg, Afrika Selatan.
Namun Selandia Baru mampu menciptakan ancaman di awal laga saat pada menit ketiga tandukan Chris Killen yang menyambut tendangan bebas Simon Elliott hanya mengarah pada kiper Jan Mucha.
Secara perlahan, Slovakia menguasai permainan dengan kerapian umpan dan kerjasama melalui sisi sayap. Pada menit ke-33, Vittek nyaris memanfaatkan kesalahan kiper lawan Mark Paston sebelum dihentikan oleh Tommy Smith.
Peluang terbaik bagi Slovakia datang pada menit ke-40 ketika Jan Durica melepas bola sundulan ke gawang. Tetapi Killen masih bisa menghalau bola sebelum melewati garis gawang.
Adapun dua menit menjelang bubaran, tendangan bebas Hamsik ditepis oleh Paston sehingga kedudukan 0-0 masih bertahan.
Tetapi Slovakia sukses memecah kebuntuan saat babak kedua baru berlangsung lima menit. Berawal dari umpan silang Sestak di sisi kanan, Vittek yang berada di tiang jauh sukses menyundul bola demi kedudukan 1-0.
Slovakia bahkan berpeluang menambah gol pada menit ke-68 saat melakukan serangan balik. Namun Vittek terlambat mengeksekusi bola kerjasamanya dengan Hamsik dan bisa digagalkan Reid.
Seketika Selandia Baru bermain lebih semangat dan tampil tanpa beban untuk keluar menyerang. Tiga menit menjelang bubaran, umpan silang dari Tony Lochhead berhasil disundul Shane Smeltz, tetapi bola hanya melebar tipis dari gawang Mucha.
Namun saat memasuki injury time kedua dari tiga menit yang disediakan wasit Jerome Damon asal Afsel, gawang Mucha benar-benar bergetar. Fokus pertahanan Slovakia yang mengendur sukses dimanfaatkan Reid untuk menanduk bola silang Smeltz guna skor 1-1.
Dengan hasil ini, persaingan di Grup F menjadi sengit karena keempat tim memiliki nilai sama, satu. Juara bertahan Italia kemarin juga bermain 1-1 dengan Paraguay. (http://sepakbola.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

footer