Juni 16, 2010

Spanyol Takluk

Gelson Fernandes
Spanyol takluk di laga perdananya di Piala Dunia 2010 (AP)


Striker Gelson Fernandes mengakhiri 12 kemenangan beruntun Spanyol guna membawa Swiss unggul 1-0 dalam partai penyisihan Grup H Piala Dunia 2010, di Stadion Moses Mabhida, Durban, Rabu (16/6). Spanyol, juara Eropa 2008, hadir di Afrika Selatan bermodalkan 12 kemenangan beruntun dalam partai internasional. Sebelumnya, Spanyol juga menyamai rekor Brasil yang 35 laga tanpa kalah antara November 2006 dan Juni 2009.
Namun apa daya, rekor itu tak berpengaruh bagi Swiss. Mendominasi permainan, Spanyol — yang mencadangkan Fernando Torres dan Cesc Fabregas — justru gagal menciptakan gol lantaran Swiss bermain sangat rapat dan disiplin di lini belakang.
Hasil ini membawa Swiss berada di posisi teratas Grup H bersama dengan Chile yang di laga sebelumnya menang 1-0 atas Honduras. Spanyol dan Honduras terpuruk di posisi terakhir dan harus tampil maksimal di laga berikut bila ingin lolos ke babak selanjutnya.
Jalan pertandingan
Meski diganggu oleh cederanya bek tengah Philippe Senderos pada menit ke-36, Swiss masih bisa membendung serangan Spanyol. Satu peluang terbaik dari pasukan Vicente Del Bosque hadir dari Gerard Pique yang bisa dihentikan oleh kiper Diego Benaglio dari jarak dekat.
Swiss makin percaya diri untuk mulai memberi tekanan lebih banyak selepas jeda. Dan melalui serangan balik, skuad asuhan Ottmar Hitzfeld berhasil memimpin saat Fernandes bisa memanfaatkan kemelut di depan gawang Iker Casillas untuk mengubah skor 1-0.
Kedudukan ini membuat Spanyol tertekan. Untuk mengatasi keadaan, Del Bosque pun memasukkan Torres, Jesus Navas dan Pedro Rodriguez.
Beberapa peluang pun hadir bagi Spanyol. Sebuah drive dari Andres Iniesta pada menit ke-65 masih melayang dari gawang Benaglio. Sementara tendangan jarak jauh Xabi Alonso masih menerpa mistar gawang pada menit ke-73.
Nasfu kuat Spanyol untuk mengejar ketinggalan pun nyaris berbuah gol kedua bagi Swiss. Tembakan Tranquillo Barnetta dari jarak 25 meter masih naik di atas gawang Casillas.
Sampai laga bubaran, usaha keras Spanyol untuk menghindari kekalahan tak terwujud. Kedudukan 1-0 membuat Swiss memimpin Grup H bersama Cili yang sebelumnya menang dengan skor sama atas Honduras. (Hdn/AP)
Susunan pemain
Spanyol: Iker Casillas, Gerard Pique, Carles Puyol, Joan Capdevila, Sergio Ramos, Andres Iniesta (Pedro Rodriguez Pedrito, 77), Xavier Hernandez Xavi, Xabi Alonso, Sergio Busquets (Fernando Torres, 61), David Jimenez Silva (Jesus Navas, 62), David Villa
Swiss: Diego Benaglio, Stefan Lichtsteiner, Philippe Senderos (Steve von Bergen, 36), Stephane Grichting, Reto Ziegler, Benjamin Huggel, Tranquillo Barnetta (Mario Eggimann, 90), Gokhan Inler, Gelson Fernandes, Blaise N’Kufo, Eren Derdiyok (Hakan Yakin, 79).(http://sepakbola.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

footer