Juni 12, 2010

Pangeran Charles: Spiritual Islam Selamatkan Dunia

 London - Prinsip-prinsip dalam Islam ternyata begitu menggugah hati Putera Mahkota Kerajaan Inggris Pangeran Charles. Sebab, ia mengakui prinsip spiritual Islam dapat menyelamatkan dunia.
Dalam pidatonya yang bertema Islam and the Environment di Gedung Sheldonian Teater, Universitas Oxford, Oxford, Inggris, mantan suami mendiang Lady Diana itu mengakui, mengikuti prinsip-prinsip spiritual Islam akan dapat menyelamatkan dunia
Pernyataan itu pula lah yang dilaporkan harian terkemuka Inggris Daily Mail, Kamis (10/6). Dalam ceramahnya selama satu jam di hadapan para sarjana studi Islam di Oxford, Pangeran Charles berargumen bahwa kehancuran manusia dunia terutama bertentangan dengan Islam.
Untuk itu ia mendesak dunia untuk mengikuti prinsip-prinsip spiritual Islam untuk melindungi lingkungan. Menurut ayah Pangeran William dan Harry, arus 'pembagian' antara manusia dan alam ini disebabkan bukan hanya oleh industrialisasi, tetapi juga oleh sikap kita terhadap lingkungan, yang bertentangan dengan butir-butir 'tradisi suci'.
Pangeran Charles yang menganut agama Kristen, yang akan menjadi kepala Gereja Inggris bila naik tahta menjadi Raja Inggris, berbicara secara mendalam mengenai Alquran yang dipelajarinya sendiri. Charles mengatakan bahwa "Tidak ada pemisahan antara manusia dan alam." "Kita harus selalu hidup dalam lingkungan yang terbatas," tambahnya lagi.
Ia berbicara kepada para sarjana di Pusat Studi Islam Oxford dalam rangka dan mencoba untuk mendorong pemahaman yang lebih baik dari budaya dan peradaban agama. Dalam pidato menandai ulang tahun ke-25 Pusat Studi Islam Oxford, tempat ia menjadi pelindungnya, Charles mengajak untuk memahami agama dengan mata pelajaran favorit lain seperti lingkungan.
"Islam selalu mengajarkan keseimbangan dan bila kita mengabaikannya sangat bertentangan dengan penciptaan," tandas Pangeran Charles.sumber : http://www.inilah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

footer