Mei 16, 2010

Tips Melamar Kerja


Seperti kita ketahui, KERJA  adalah tujuan akhir usai kita mengikuti pendidikan formal atau Non Formal. Entah itu lulusan SMTP/SMP,  SMTA (SMA/STM/SMEA) ataupun mereka yang jenjang pendidikannya lebih tinggi Tingkat Sarjana….ujung ujungnya ya, kerja. Tidak kecuali yang bokap ama yokapnya emang dach jadi komisaris atau direktur…….ga jauh beda. Yang membedakan….bagi yang ga ada koneksi kedalam, mau ga mau cari kejaan sendiri.
Buat anda yang memang ga ada koneksi kedalam (bisa jadi ini juga berlaku bagi mereka yang ada orang dalam……..hiks) , perlu diperhatikan / disiapkan berkas berkas / beberapa hal untuk melamar kerja :

  • Surat Pengalaman Kerja ( CV =Curiculum Vitae)
  • Foto copy Ijasah dari pendidikan terendah sampai pendidikan terakhir.
  • Pas Foto Berwarna / Hitam putih,  ukuran 3x4, 4x6. rata2 4 buah
  • Surat Kelakuan Baik
  • Foto Copy SIM yang masih berlaku (khususnya untuk pekerjaan yang berhubungan dengan kendaraan)
  • Foto Copy Sertifikat bukti mengikuti program pendidikan diluar Sekolah

Data diatas adalah data umum yang diperlukan / diminta oleh perusahaan penerima kerja. Sebagai catatan :
Jangan memberikan data / ijasah /surat asli ke perusahaan penerima kerja apabila status anda baru calon pegawai terkecuali anda sudah resmi diterima dan sudah teken kontrak sebagai pegawai. Karna ada beberapa perusahaan yang meminta surat asli sebagai jaminan karyawan yang bersangkutan. Rasanya cukup segini dulu yach,lain waktu disambung tips yang lain,…..Salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

footer