Mei 31, 2010

Cara Mengatasi Sulit Tidur

Mungkin Anda termasuk dalam 40 persen orang dewasa yang mengalami insomnia, gangguan tidur yang sangat umum terjadi. Gangguan ini mencangkup kesulitan untuk tertidur, terbangun dan sulit sekali untuk tidur kembali atau selalu terbangun lebih awal.
Jika ini hanya berlangsung beberapa hari disebut dengan insomnia sementara, jika beberapa minggu disebut dengan insomnia jangka pendek. Masalah ini akan menjadi kronis jika terjadi pada setiap malam dalam seminggu dan baru berakhir setelah sebulan atau bahkan lebih.
Bentuk yang paling umum dari insomnia yaitu insomnia yang terus bertambah, di mana beberapa kali kejadian sulit tidur akan menimbulkan kegelisahan dan jika terjadi terus menerus akan memperparah rasa sulit untuk bisa tidur.
Insomnia itu sendiri bukanlah suatu penyakit tetapi lebih tepatnya adalah suatu gejala dari masalah lain atau beberapa masalah lain entah itu fisik, emosi atau tingkah laku.


Beberapa tips tidur nyenyak antara lain:


1. Perhatikan kebersihan, seperti cuci muka, cuci kaki dan kebersihan bagian tubuh yang lain. Hal ini akan membuat kita merasa nyaman sehingga dapat tertidur dengan nyenyak. Ingat kan pesan ayah ibu kita, “Ayo sikat gigi, cuci tangan, cuci kaki, trus bobo…”


2. Usahakan menetapkan waktu tidur dan bangun. Tidur dan bangunlah pada waktu yang sama setiap hari, juga di hari libur. Biasakan menepati jadwal tersebut, agar pola tidur Anda normal kembali. Jika perlu setelah Anda affirmasi (mensugesti diri sendiri bahwa akan bangun jam sekian), Anda juga bisa menyiapkan weker untuk membantu proses Anda terbangun.


3. Lakukan olahraga di siang atau sore hari, agar fisik Anda lebih lelah. Hal ini dapat memudahkan istirahat atau tidur.


4. Hentikan kebiasaan minum kopi, teh, cola dan atau minuman lain yang mengandung kafein (soft drink), terutama di sore dan malam hari.


5. Minum minuman hangat pada jam menjelang tidur. Mungkin air jahe hangat atau bandrek bisa cukup membantu


6. Hindari makan terlalu kenyang atau terlalu sedikit, karena membuat perut merespon secara tidak normal.


7. Pastikan tempat tidur Anda nyaman dan ventilasi kamar tidur cukup baik. Tidak perlu empuk atau mewah, yang penting aman dari hal-hal yang mengganggu seperti suara bising maupun binatang kecil.


8. Atur cahaya lampu kamar tidur menjadi remang-remang, ketika Anda akan tidur. Hal ini akan merangsang otak memproduksi melatonin, yang membimbing mata untuk terpejam.


9. Pastikan asupan makanan setiap hari mengandung gizi yang cukup terutama untuk kinerja otak dan otot. Beberapa studi yang menunjukkan bahwa asupan magnesium dan kalsium yang cukup dapat menangkal insomnia. Dalam hal ini, magnesium berfungsi merelaksasikan otot sementara kalsium sebagai penenang pikiran. Begitu pula dengan kecukupan asupan karbohidrat, karena karbohidrat terbukti dapat memacu pengeluaran serotonin yang merangsang rasa kantuk. Pastikan mengonsumsi kalsium alami dengan kandungan nutrisi dan mineral lengkap (termasuk magnesium) yang berdaya serap tinggi.

(disarikan dari berbagai sumber) sumber :http://catur.dosen.akprind.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

footer