Mei 03, 2010

Pesumo "Gila" Muncul di Korea Utara


TOKYO, Mantan grand champion sumo asal Mongolia, Asashoryu, berkunjung ke Korea Utara bersama rombongan menteri luar negeri negaranya.
Asashoryu yang bernama asli Dolgorsuren Dagvadorj terlihat dalam foto yang memperlihatkan kunjungan Menteri Luar Negeri dan Menteri Perdagangan Mongolia, Gombojab Zandanshatar, dan rombongannya yang mengunjungi Pyongyang. Foto yang memperlihatkan Aasahoryu (28) diterbitkan oleh kantor berita Korea Utara.
Asashoryu "dipecat" sebagai pesumo oleh kelompok tradisionalis yang menganggap perilakunya tidak sesuai dengan etika luhur olahraga tradisional. Perilaku Asashoryu yang suka mabuk-mabukan dan membuat ribut dianggap tidak pantas sebagai pesumo yang selalu menjadi idola kaum muda Jepang.
Ia meninggalkan olahraga tersebut pada Februari lalu setelah terbukti bersalah melakukan pemukulan terhadap seorang pria saat terlibat dalam keributan di sebuah kelab malam di Tokyo.
Sebagai pesumo, Asashoryu memiliki prestasi yang luar biasa saat menjadi juara Piala Kaisar untuk ke-25 kalinya dan menjadikannya pesumo ketiga yang paling sukses dalam sejarah panjang olahraga ini.
Setelah pensiun, Asashoryu dikabarkan mulai menekuni seni menanam bunga dan berkebun. Bulan depan, ia akan ikut dalam pameran bunga terbesar di Inggris, yaitu pameran bunga Chelsea. sumber :Kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

footer