Mei 07, 2010

Sejarah buku komik Superman



Superman merupakan buku komik fiksi superhero yang secara luas dianggap sebagai salah satu karakter yang terkenal dan populer dan merupakan sebuah ikon Amerika. Diciptakan oleh penulis Amerika Jerry Siegel dan artis ( baca : seniman ) kelahiran Kanada, Joe Shuster di tahun 1932, saat mereka tinggal di Cleveland, Ohio dan di jual untuk Detective Comics, Inc. Pada tahun 1938,karakter ini muncul pertama kali dalam Action Comics # 1(Juni 1938) dan sesudah itu muncul dalam berbagai serial radio, program-program televisi, film-film, kolom surat kabar dan video game. Dengan kesuksesan pertualangannya, Superman menolong menciptakan genre superhero dan membangun keunggulannya di dalam buku komik Amerika. Cerita asli Superman berkaitan dengan kelahirannya sebagai Kal El di planet Krypton,sebelum di kirim ke bumi saat masih bayi oleh ayahnya yang seorang ilmuwan sebelum planetnya rusak. Diadopsi dan dibesarkan oleh petani Kansas dan istrinya, si kecil tumbuh menjadi Clark Kent, dan dikarunia dengan pedoman moral yang kuat. Di usia mudanya dia mulai menampilkan kekuatan super,yang digunakannya untuk mengatasi masalah kemanusiaan.
Sementara dia dijluki sebagai " Si Pramuka Besar Berkostum Biru"oleh para rekan superheronya, Superman dikenal sebagai "The Man of Steel","The Man of Tommorrow" dan "The Last Son of Krypton," oleh masyarakat di dalam cerita komik. Sebagai Clark Kent, Superman hidup di antara manusia sebagai "reporter berwatak halus" untuk koran Metropolis The Daily Planet (the Daily Star di cerita aslinya). Di sana dia bekerja dengan reporter Lois Lane,yang dengannya dia mempunyai hubungan romantis.
Hubungan ini disempurnakan dengan pernikahan dalam sejumlah upacara lintas media, dan persatuan ini sekarang dipertahankan dengan kuat di dalam aliran terbaru di dalam kelanjutan cerita komiknya.Karakter peran pembantu, kekuatan, dan segala jenis pernak-pernik lain telah secara perlahan dikembangkan tahun demi tahun. Latar belakang cerita Superman diubah untuk membuka pertualangannya sebagai Superboy, dan orang Krypton lain yang selamat diciptakan, termasuk Supergirl, dan Anjing Super Krypto. Sebagai tambahan, Superman telah didaftarkan dan diadaptasi ke dalam berbagai bentuk media, dari radio ke televisi dan film. Film Superman Returns di release di 2006, dengan penampilan box office internasional yang melebihi harapan.
Dalam tujuh dekade sejak debutnya, Superman dirubah dan diperbaharui selama beberapa kali.Pemeriksaan yang sangat teliti terjadi di 1986, saat John Byrne menciptakan ulang karakter, mengurangi kekuatan Superman dan menghapus beberapa karakter dari "aturan", dalam tujuan untuk meraih perhatian media. Pers meliput lagi saat di 1990 muncul The Death of Superman, jalan ceritanya menunjukkan bahwa karakter ini tewas dan kemudian kembali hidup.Superman juga telah mempesona para sarjana, dengan teori budaya, komentator, dan kritik-kritik seperti menjelajahi dampak karakter ini dan perannya di Amerika Serikat, dan bagian lain dunia. Umberto Eco mendiskusikan kualitas dongeng dari sang tokoh di awal 1960-an dan Larry Niven mempertimbangkan dampak hubungan seksual yang mungkin dimiliki sang tokoh dengan Lois Lane.
Kepemilikan sang tokoh telah menjadi topik perdebatan yang sering terjadi, dengan Siegel dan Shuster dua kali menuntut kembali hak kepemilikan legal. Hak cipta adalah hal yang lagi-lagi diperdebatkan, dengan perubahan hukum hak cipta memungkinkan istri Siegel dan puterinya mengklaim pembagian hak cipta, gerakan yang dipertentangkan oleh induk perusahaan DC, Warner Bros.
Sejarah Penciptaan Jerry Siegel dan Joe Shuster pertama menciptakan penjahat botak dengan kemampuan telepatik yang ahli mendominasi seluruh dunia. Dia muncul dalam cerita singkat "The Reign of Super-Man"dari Science Fiction #3, majalah pengetahuan fiksi yang diterbitkan Siegel di 1933. Siegel menulis ulang karakter ini di 1933 sebagai pahlawan, mempertegas sedikit akan tidak ada kemiripan dengan kekejiannya terdahulu, dan selama enam tahun melakukan pencarian untuk menemukan penerbit. Menamai karakter itu The Supeman, Siegel dan Shuster menawarkannya kepada Consolidated Book Publishing, yang telah menerbitkan buku komik hitam putih sebanyak 48 halaman berjudul Detective Dan : Secret Operative No. 48. Walaupun duo ini menerima surat yang memberi semangat, Consolidated tidak pernah menerbitkan buku komik lagi. Shuster memasukkan hal ini dalam hati dan membakar semua halaman cerita tersebut, cover buku ini selamat hanya karena Siegel menyelamatkannya dari api. Siegel dan Shuster masing-masing membandingkannya dengan karakter Sam Bradley, sebuah petualangan yang diciptakan sang pasangan untuk Detective Comics #1 (Mei 1939).
Di tahun 1934, pasangan itu sekali lagi memimpikan karakter ini. Dia menjadi lebih dari sekedar pahlawan dalam tradisi dongeng, terinspirasi dari karakter semacam Samson dan Hercules,yang akan mengoreksi hal salah dalam zaman Siegel dan Shuster, bertarung untuk keadilan sosial dan melawan tirani. Ini adalah tahap dimana kostumnya dibuat, Siegel kemudian menyebut kembali bahwa mereka menciptakan "semacam kostum dan membiarkan karakter ini mempunyai logo S besar di dadanya, dan sebuah jubah, membuat dia berwarna dan spesial sejauh yang kami bisa". Desain ini didasarkan bagian pada kostum yang dipakai oleh karakter dalam setting luar angkasa yang diterbitkan dalam majalah murahan, seperti komik strip Flash Gordon, dan pakaian yang dipakai oleh orang-orang sirkus. Akan tetapi,jubahnya telah dibuat berbeda dengan gaya Victoria. Gary Engle menggambarkannya sebagai tanpa" bisa diteladani dalam budaya populer"
 dalam Superman at Fifty : The Persistence of a Legend. Pakaian dengan celana ketat dengan segera menjadi contoh untuk pakaian para superhero di masa mendatang. Versi ketiga dari karakter ini di berikan kekuatan luar biasa, walaupun di waktu itu adalah waktu yang secara fisik berlawanan dengan kemampuan mental dari Superman yang jahat.
Nama samaran sang superhero terinspirasi dari film, Shuster mengatakan di 1983,"
 Jerry menciptakan segala macam nama. Kami adalah penggemar berat film, dan terinspirasi dari banyak aktor dan aktris yang kami lihat.
Seperti Clark Kent, dia adalah kombinasi dari nama Clark Gable dan Kent Taylor. Dan Metropolis, kota dimana Superman bekerja, datang dari film Fritz Lang (Metropolis,1927), yang kami berdua sukai."Walaupun mereka sekarang menjual materi kepada penerbit komik, khususnya National Alloed Publishing milik Malcolm Wheeler-Nicholson, pasangan ini memutuskan untuk menampilkan karakter ini dalam format strip komik, daripada format cerita buku komik yang panjang yang saat itu marak. Mereka menawarkannya baik kepada Max Gaines, yang menolak, dan kepada United Feature Syndicate, yang menunjukkan ketertarikan tetapi akhirnya menolak strip ini dalam surat bertanggal 18 Februari 1937. Akan tetapi, dalam apa yang sejarawan Les Daniels gambarkan sebagai " putaran kejadian sulit yang sukar dipercaya", Max Gaines memakai strip ini sebagai feature utama dalam penerbitan baru milik Wheelere-Nicholson, Action Comics. Vin Sullivan, editor buku baru itu,menulis kepada pasangan ini permintaan supaya merubah formatnya menjadi format buku komik, meminta " halaman delapan panel" Akan tetapi, Siegel dan Shsuter mengabaikan ini,memanfaatkan pengalaman dan ide mereka sendiri untuk menciptakan layout halaman, dengan Siegel juga mengambil ciri gambar yang digunakan sebagai cover Action Comics #1(Juni 1938), penampilan pertama Superman.sumber : my-dailyplanet.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

footer