Agustus 05, 2013

Ngantuk Saat Berkendara Mudik? Anda Butuh Tidur, Bukan Kopi


Jakarta, Mengantuk merupakan respons yang paling mungkin dirasakan oleh pengendara, terutama saat sedang berkendara jarak jauh. Seringkali mereka memanfaatkan minuman berkafein seperti kopi atau minuman energi sebab diyakini bisa segera memulihkan kebugaran tubuh. Nyatanya, dokter mengungkapkan bahwa itu saja tak cukup.

"Saya tidak melarang para pemudik untuk mengonsumsi kafein atau minuman energi. Hanya saja saya minta untuk lebih bijaksana. Jangan bergantung sepenuhnya hanya dari minuman seperti ini," papar dr Andreas Prasadja, RPSGT, yang akrab disapa dr Ade, ahli kesehatan tidur dari RS Mitra Kemayoran, saat dihubungi detikHealth dan ditulis pada Senin (5/8/2013).

Menurutnya, jika memang merasa mengantuk, ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh pengendara. Pertama, segera minggirkan kendaraan terlebih dahulu. Jangan memaksakan untuk tetap berkendara karena bisa memberi efek berbahaya seperti ugal-ugalan, tidak konsentrasi dan bahkan bisa sampai kecelakaan. Cari tempat aman untuk berhenti sebentar di pinggir jalan.

Kedua, jika memang tetap ingin mengonsumsi minuman kafein, maka hanya diperbolehkan untuk minum saat kendaraan sudah dipinggirkan. Bukan berarti minum kafein sambil berkendara akan mengembalikan kondisi tubuh menjadi prima saat itu itu juga seperti yang diiklankan.

Dan yang ketiga, setelah mengonsumsi minuman kafein jangan lantas langsung melanjutkan berkendara. Usahakan untuk tidur terlebih dahulu sebisanya yang penting jangan dibatasi hanya 10-15 menit. Jika memang bisa tidur 2-3 jam itu jauh lebih baik. Mengapa demikian?

"Penting untuk diketahui masyarakat bahwa kafein itu mulai bekerja di dalam tubuh 30 menit setelah dikonsumsi. Jika hanya minum kafein lalu langsung berkendara, maka sebenarnya kafein tersebut belum memberi efek apa-apa terhadap tubuh. Bisa dipastikan tubuh pasti sebenarnya masih lemas dan hanya dipaksakan saja," ujar dr Ade.

Akan sangat baik jika memang setelah minum kafein lalu bisa menyempatkan diri untuk tidur. Menurut dr Ade bisa dipastikan saat bangun tidur nanti tubuh akan terasa lebih segar. Sebab selain sudah diberikan kesempatan untuk beristirahat, kafein juga sudah bekerja dan memberi efek terhadap tubuh.
sumber: http://health.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

footer