Agustus 25, 2013

Membedakan Madu Palsu dengan Madu Asli


Sudah Tau Cara Membedakan Madu Palsu dan Asli? Sekarang banyak orang melakukan cara-cara curang untuk mendapatkan keuntungan. Salah satunya dengan cara memalsukan barang, bahkan memalsukan makanan. Contoh kasus kali ini adalah madu yang sering dipalsukan oleh orang yang tak bertanggung jawab untuk mencari keuntungan.

Madu memiliki jenis yang berbeda-beda, mulai dari campuran madu asli dengan cairan gula bahkan tanpa sedikitpun campuran madu aslinya.Nah kita sebagai konsumen harus berhati-hati dalam membeli madu, jangan sampai niat kita membeli madu karena manfaatnya, eh malah mendapatkan efek negatif pada kesehatan tubuh karena yang kita beli adalah madu palsu.
Berikut ini adalah cara membedakan madu palsu dan madu asli:
  1. Test madu dibakar di atas sendok. Bakar bagian bawah sendok yang sudah ditaruh madu di atasnya. Hasilnya jika madu itu asli akan mendidih dan busa akan tumpah dari sendok, jika madu itu palsu ia akan mendidi namun busa tidak sampai tumpah.
  2. Teteskan madu ke kertas/koran. Hasilnya jika madu asli tidak akan membuat kertas basah/robek. Sedangkan madu palsu akan terserap kedalam kertas, karena madu palsu memiliki kandungan air yang lebih tinggi.
  3. Test menggunakan batang korek api, caranya dengan memasukan batang korek api ke dalam madu beberapa saat. Ambil dan patikkan/gesekkan agar menyala. Hasilnya jika madu asli korek tetap akan menyala namun jika palsu akan sebaliknya.
  4. Test dengan segelas air. Lakukan dengan cara menteteskan madu ke dalam segelas air. Hasilnya jika madu asli akan langsung jatuh kedasar gelas dan tetap berkumpul/tidak larut dengan air.
  5. Masukan madu ke dalam freezer, dengan cara ini madu asli tidak akan membeku.
  6. Dengan cara mencampurkannya dengan kuning telur. Hasilnya jika madu asli, telur akan berubah warna dan terlihat seperti setengah matang.
Semoga informasi ini akan membantu para pembaca untuk mengetahui mana madu asli dan mana yang palsu.
sumber:  http://log.viva.co.id/news

1 komentar:

footer