Desember 02, 2013

Tips Cara Mengobati Flu Tanpa Obat


Tips Cara Mengobati Flu Tanpa Obat, flu merupakan sakit yang cukup mengganggu dan tidak terduga-duga datangnya, untuk itu melalui artikel ini saya mencoba untuk berbagi informasi mengenai cara mengobati flu tanpa obat. Semoga dengan mengetahui informasi ini menjadi alternatif bagi anda untuk mengobati flu yang anda derita.

Flu biasanya banyak menyerang orang-orang pada saat cuaca yang tida menentu seperti saat pergantian musim. Karena pada saat seperti itu biasanya tubuh kita sedang berada dalam kondisi yang lemah. Jadi jika anda panda menjaga daya tahan tubuh anda maka kemungkinan anda tidak akan menderita flu.

Jika anda terkena flu maka anda berpotensi menularkan sakit yang anda derita kepada orang-orang disekitar anda, termasuk orang-orang yang anda cintai. Untuk itu jika anda menderita flu sebaiknya cepat ditangani agar tidak menularkan kepada orang lain. Untuk alternatif mengobati flu, anda bisa mencoba cara mengobati flu tanpa obat berikut ini.

Cara Mengobati Flu

1. Istirahat Yang Cukup
Flu biasanya akan menyerang saat daya tahan tubuh kita melemah. Untuk meningkatkan kembali daya tahan tubuh kita, salah satu cara nya adalah dengan beristirahat yang cukup. Dengan begitu tubuh kita akan kembali kuat dalam melawan virus dan bakteri penyebab flu yang menyerang tubuh kita.

2. Rajin Membuang Ingus
Ketika anda terserang flu, biasanya hidung akan tersumbat. Sebaiknya anda jangan terbiasa untuk menghisap ingus ke dalam karena akan berisiko membuat ingus masuk ke paru-paru dan memicu infeksi. Sebaiknya anda rajin membuang ingus dengan begitu akan mengurangi bakteri yang ada pada tubuh kita.

3. Mentol
Untuk melancarkan hidung yang tersumbat saat flu, anda bisa menggunakan mentol. Cukup oleskan balsem atau minyak angin di dekat lubang hidung. Aroma mint nya akan menyegarkan dan membuat plong hidung yang tersumbat. Selain itu juga dapat membantu mencegah iritasi kulit di sekitar lubang hidung.

4. Bawang 
Selain itu kita juga dapat menggunakan bawang untuk mengatasi hidung yang tersumbat akibat flu. Cukup dengan mendekatkan potongan bawang ke bawah hidung sekitar lima menit. Bawang akan bertindak sebagai katalis untuk mengeluarkan cairan dan membersihkan hidung.
 
5. Makanan Pedas
Makanan pedas juga bermanfaat untuk mengobati flu. Hal ini dikarenakan cabe atau lada memiliki kandungan capsaicin yang dapat membantu membersihkan rongga hidung.

6. Berkumur
Saat terserang flue, cobalah untuk berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan berbagai ramuan herbal atau rempah. Cukup dengan menambahkan garam, teh raspberry, cuka apel, sage, jahe, dan kunyit ke dalam segelas air, kemudian berkumurlah dengan air tersebut 4 kali sehari. Hal ini dapat membuat lega tenggorokan yang biasanya akan sakit saat terserang flu.

7. Minum Air Hangat
Untuk melegakan hidung yang tersumbat bisa anda lakukan dengan meminum minuman hangat. selain itu juga minuman hangat dapat mencegah dehidrasi dan dapat menenangkan membran hidung dan tenggorokan yang mengalami peradangan. Uap dari minuman hangat akan membantu mengencerkan lendir pada rongga hidung kita.

8. Mandi Uap
Salah satu cara yang dapat anda coba untuk mengobati flu adalah dengan mandi uap. Masukkan air panas ke dalam baskom lalu dekatkan ke wajah anda. Agar uap yang anda peroleh lebih maksimal, anda bisa menggunakan handuk yang dikerudungkan ke kepala anda yang sedang menunduk. Agar lebih efektif, campurlah dengan rempah seperti minyak eucalyptus, kunyit, dan jahe.

9. Meninggikan Bantal
Ketika anda tidur atau sedang beristirahat, gunakan bantal yang ditumpuk sehingga bagian kepala anda lebih tinggi dari bagian dada. Hal ini bertujuan untuk mengurangi pembentukan lendir.

10. Mengkonsumsi Vitamin
Untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda, anda bisa lakukan dengan mengkonsumsi vitamin C. Dengan begitu sistem kekebalan akan meningkat dan akan memudahkan melawan penyakit flu yang menyerang tubuh anda.

Nah sobat sekalian, itulah beberapa cara untuk mengobati flu tanpa obat. Semoga artikel Tips Cara Mengobati Flu Tanpa Obat di atas bisa bermanfaat bagi anda semua. Selain itu baca juga artikel lain mengenai Cara Mengobati Mata Bintitan. Terima kasih atas kunjungan anda dan selamat menjalankan ibadah puasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

footer