Desember 31, 2013

Cara Mengetahui Madu Asli




Dikutip dari acara Televisi bertajuk Cara Mengetahui Madu Asli, penulis akan menjelaskan sedikit informasi berguna bagi para pembaca budiman agar dapat dengan mudah mengetahui mana madu asli dan mana yang palsu atau campuran. Dengan ini mudah-mudahan bisa menjadi bekal bagi pembaca, sehingga dapat lebih berhati-hati dalam membeli madu yang ada di pasaran. Metode untuk mengetahui madu asli disini akan kami jabarkan kedalam 3 tes kecil-kecilan yang sederhana. Sengaja kami ulas dengan cara ini, karena hal ini lebih mudah dipraktekkan kita di rumah tanpa harus punya keahlian khusus.



Sebenarnya ada cara pasti mengetahui madu asli, tapi dibutuhkan keahlian dan alat yang susah. Yaitu dengan melakukan uji laboratorium. Tentu hal ini bukan cara yang praktis untuk mengetahui madu asli bagi orang awam seperti kita. Nah dibawah ini adalah metode praktis untuk mengetahui madu asli yang kami uraikan menjadi dua cara test madu asli dengan mudah yaitu sebagai berikut:
1. Uji madu asli dengan lilin.
Cara: ambil sampel madu ke dalam satu sendok, nyalakan lilin kemudian pegang sendok isi madu dengan kain lalu posisikan tepat diatas lilin.
Madu asli: madu akan berubah warna menjadi coklat pekat, buihnya akan meluber ke luar sendok, setelah madu dingin jika dimasukkan lidi, maka tekstur madu di lidi akan lembut sehingga tidak dapat menjadi seperti benang.
Madu Palsu: madu palsu akan berubah warna dan mengeluarkan buih tetapi buih madu palsu tidak sampai keluar dari sendok, kemudian ketika madu palsu dingin jika imasukkan lidi, maka akan tekstur madu di lidi berbentuk seperti kawat dan mudah patah.
2. Uji madu asli dengan sepotong ikan
Cara: masukkan madu ke dalam botol campur dengan daging ikan segar, tutup rapat botol tersebut selama dua minggu.
Madu asli: ikan akan menjadi kecil dan pucat tetapi tidak berbau
Madu Palsu: ikan berukuran tetap, warna berubah menjadi hitam dan aromanya busuk
Kemudian, disini kami juga akan menjelaskan test madu yang ternyata cuma rumor belaka tetapi sudah terlanjur berkembang di masyarakat, padahal salah kaprah. Yaitu sebagai berikut:
  • Uji test dengan menyaring madu dengan koran, jika merembes palsu. Test ini kurang tepat, yang benar tes ini untuk menguji kadar air dalam madu. Madu mempunyai kadar air itu sudah pasti, banyak tidaknya kadar air pada madu asli tergantung asal madu, kalau dari timur tengah biasanya pekat karena suhunya panas, madu dari negeri bersuhu dingin juga pasti kadar airnya tinggi.
  • Uji madu asli tidak membeku di kulkas (freezer), hal ini juga rumor belaka.Madu adalah cairan alami, semua cairan alami membeku dalam keadaan dingin. Ini sudah menjadi hukum alam.
  • Uji madu asli dirubung semut, ini jelas kesalahan fatal. Madu memiliki kandungan glukosa alam yang bagus, sehingga memiliki rasa yang manis, tentu saja hal ini disukai oleh semut.
  • Uji madu dengan dicampur air, jernih. Ini juga hanya rumot belaka karena madu mengandung sari bunga yang hasilnya tergantung jenis bunga, bisa keruh bisa juga jernih.
  • Uji tes madu dengan telur, jika kunig telur berubah menjadi setengah matang maka madu asli. Faktanya para produsen madu sering menambahkan cuka pada madu agar madu lebih lama usianya dan ini tidak mengapa seperti layaknya ikan diawetkan.

Nah, jika masih ragu-ragu dengan madu yang Anda beli asli atau tidak, kami punya solusi terbaik. Pilihlah madu dari sumber yang jelas, telah memiliki merek terdaftar dan memiliki komposisi yang di kemasannya. Jangan asal beli, pastikan penjual madu tersebut kredibel. Sebagai Toko Madu Asli Online, produk madu asli kami diproduksi dan dikemas oleh para ahli berpengalaman, madu yang kami jual benar-benar asli tanpa campuran apapun, 100% dari madu asli. Klik tokomaduasli.com untuk melihat daftar produk madu asli.
Sumber : http://madu.tokoherbalmuslim.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

footer